Nilai-nilai Kebersamaan

Nilai – Nilai Kebersamaan

oleh Nanda Meirisya, 0906489321

Judul: Key Result Area

 

Pengarang: Aso Sentana

Data Publikasi: Jakarta:PT. Elex Media Komputindo,2008

Sebagai makhluk sosial, manusia pada kodratnya tidak dapat dipisahkan dari rasa kebersamaan. Tidak ada individu yang dapat berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, kebersamaan tentunya memiliki nilai-nilai terpenting yang dapat menjembatani manusia dalam mencapai hakikat hidup yang sebenarnya. Aso Sentana, seorang pengarang buku handal memperjelas pandangan kita terhadap nilai-nilai kebersamaan yang sesungguhnya.

Aso Sentana menjelaskan bahwa dengan diwujudkannnya kebersamaan dapat mengarahkan orang-orang berpikir, bersikap, berperilaku, bekerja, dan melangkah. Nilai-nilai kebersamaan yang dimaksud adalah nilai yang terwujud dalam setiap insan manusia akan butuhnya suatu hal yang tidak dimilikinya. Dalam artian bahwa kebutuhan itu memunculkan rasa kebersamaan secara langsung maupun tidak langsung. Adapun manfaat yang terkandung dalam nlai-nilai kebersamaan antara lain:

  1. Komunikasi dan saling pengertian. Dengan adanya kebersamaan, ladang yang subur dapat terjadi bagi kelancaran komunikasi.
  2. Arah pandang dan langkah menuju visi. Kebersamaan menyatukan arah pandang. Dengan begitu, dapat menimbulkan suatu modal yang tertuju pada visi untuk mewujudkan suatu misi.
  3. Pembentukan tim dan efektivitas kerja. Dengan modal kebersamaan, pembentukan tim-tim kerja jadi lebih mudah.
  4. Kesatupaduan untuk stabilitas yang dinamis. Kebersamaan merupakan sarana dasar untuk terwujudnya stabilitas yang dinamis dalam suatu perkumpulan.
  5. Kondusif bagi keterbukaan. Dengan adanya kebersamaan dapat menumbuhkannya rasa keterbukaan yaitu dengan adanya pertukaran pikiran, gagasan, dan kritik dalam pelakasanaan yang lebih baik.
  6. Sharing and caring. Hanya dalam situasi yang nilai-nilai kebersamaannya tumbuh, suatu inovasi yang kritis dan kretif dapat tercipta.

Keberadaan nilai-nilai kebersamaan dalam zaman dimana teknologi berperan besar sangatlah diperlukan. Hal ini dikarenakan oleh besarnya kemungkinan kompetisi di dunia yang akan terjadi.

Jadi, setelah terkuaknya penjelasan yang dipaparkan oleh Aso Sentana, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa sesungguhnya nilai kebersamaan selalu merupakan bagian dari nilai-nilai, asumsi, mitos, dan kepercayaan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dalam kodrat kita sebagai individu sosial. Hal ini semata-mata untuk mewujudkan keberhasilan kinerja nilai-nilai kebersamaan itu dalam pengaplikasiannya sendiri.

http://books.google.co.id/books?id=k3n7Qnkosc4C&pg=PA9&dq=nilai+kebersamaan&lr=#v=twopage&q=nilai%20kebersamaan&f=false (11 Oktober 2009, 15.25).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: