LTM Annisa-0906553160

GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI INDONESIA

Oleh Annisa, 0906553160

Negara bagaikan suatu organisme. Ia tidak bisa hidup sendiri. Keberlangsungan hidupnya ikut dipengaruhi juga oleh negara-negara lain, terutama negara-negara tetangganya atau negara yang berada dalam satu kawasan dengannya. Untuk itulah diperlukan satu sistem perpolitikan yang mengatur hubungan antar negara-negara yang letaknya berdekatan di atas permukaan planet Bumi ini. Sistem politik tersebut dinamakan ‘Geopolitik’, yang mutlak dimiliki dan diterapkan oleh setiap negara dalam melakukan interaksi dengan sesama negara di sekitarnya, tak terkecuali Indonesia. Indonesia pun harus memiliki sistem geopolitik yang cocok diterapkan dengan kondisi kepulauannya yang unik. Hanya sedikit negara di dunia, yang bila dilihat dari segi geografis, memiliki kesamaan dengan Indonesia. Negara-negara kepulauan di dunia, seperti Jepang dan Filipina, masih kalah bila dibandingkan dengan negara kepulauan Indonesia. Ada beberapa jenis kondisi geografis bangsa Indonesia. Yaitu kondisi fisis, serta kondisi Indonesia ditinjau dari lokasinya.

  1. Kondisi Fisikal Indonesia; Yakni bila dilihat dari letak geografis, posisi silang, iklim, sumber daya alam, faktor-faktor sosial politik.
  2. Lokasi Fisikal Indonesia; Keberadaan pada lokasi ini adalah faktor geopolitik utama yang mempengaruhi perpolitikan di Indonesia. Berdasarkan kondisi fisikal, negara Indonesia berada pada dua benua yang dihuni oleh berbagai bangsa yang memiliki karakteristik masing-masing, yaitu benua Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia pun berada di antara dua samudera yang menjadi jalur perhubungan barbagai bangsa, yaitu Samudera Pasifik dan Hindia.

Geopolitik secara etimologi berasal dari kata geo (bahasa Yunani) yang berarti bumi yang menjadi wilayah hidup. Sedangkan politik dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara ; dan teia yang berarti urusan (politik) bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa (Sunarso, 2006: 195). Sebagai acuan bersama, geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. Frederich Ratzel mengenalkan istilah ilmu bumi politik (political geography), Rudolf Kjellen menyebut geographical politic dan disingkat geopolitik.

Unsur utama Geopolitik:

  1. Konsepsi ruang diperkenalkan Karl Haushofer menyimpulkan bahwa ruang merupakan     wadah dinamika politik dan militer, teori ini disebut pula teori kombinasi ruang dan kekuatan.
  2. Konsepsi frontier (batas imajiner dari dua negara).
  3. Konsepsi politik kekuatan yag terkait dengan kepentingan nasional.
  4. Konsepsi keamanan negars dan bangsa sama dengan konsep ketahanan nasional
    Geopolitik Indonesia.
  5. Wawasan Nusantara tidak mengandung unsur-unsur ekspansionisme maupun kekerasan.
  6. Geostrategi Indonesia diartikan pula sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan dan UUD 1945.
  7. Cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan ide nasionalnya yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945, yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat dan bermartabat serta menjiwai tata hidup dan tindak kebijaksanaannya dalam mencapai tujuan nasional.

Daftar Pustaka

Bahar, Safroedin. 1984. Pengantar kewiraan. Jakarta: Paguyuban Widyani, Akademi Akuntansi dan Perbankan “Perbanas”.

Soemiarno, Slamet, dkk. 2009.  Buku Ajar III, Bangsa, Budaya, dan Lingkungan Hidup di Indonesia. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Sunardi, R.M. 2004. Pembinaan ketahanan bangsa dalam rangka memperkokoh keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia: teori ketahanan nasional, geostrategi  Indonesia, dan ketahanan regional. Jakarta: Kuaternita Adidarma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: